Selasa, 07 Juni 2016


BENDA PADAT, CAIR DAN GAS


Benda Padat, Cair Dan Gas

Di lingkungan sekitar kita banyak sekali benda. Benda di alam ini digolongkan menjaditiga jenis, yaitu benda padat, benda cair, dan benda gas. Setiap jenis benda mempunyai sifat yangdapat membedakan dengan jenis benda lain.Mengapa kamu seharusnya tidak berlama-lama saat makan es krim? Es krim mudahsekali mencair apalagi saat jika berada di bawah terik matahari. Perubahan pada benda misalnyadari padat menjadi cair dan sebaliknya, disebut perubahan wujud. Kita akanmempelajari perubahan wujud benda.Persamaan sifat benda cair, padat, dan gas yang lain adalah menempati ruang. Artinya,semua jenis benda membutuhkan ruang. Semua benda mempunyai ukuran, isi tau volum.
A. SIFAT-SIFAT BENDA PADAT
 Bola merupakan contoh benda padat
1. Bentuk Benda Padat Tetap, Tidak Mengikuti Bentuk Wadahnya
Kacang goreng yang ada di dalam toples samabentuknya dengan kacang goreng di piring.Bola di dalam keranjang tidak berubah bentuk jika diletakkan di lantai. Demikian juga, pensil, penghapus, dan plastisin tidak berubah bentuk jika dimasukkan kekotak pensil. Hal iniberarti bentuk benda benda padat tetap, tidak mengikuti bentuk wadahnya. Benda padat tetap atau tidak  berubah jika tidak mengalami perlakuaan tertentu.
2. Bentuk Benda Padat Dapat Diubah
Dalam kehidupan sehari-hari,kamu sering menyaksikan bentuk benda padat berubah.Misalnya, piring yang jatuh pecah berserakan, kertas sobek, dan kacang tanah hancur setelahdigerus. Jika plastisin kamu tekan, maka bentuk plastisin berubah. Ujung pensil yang dirautmenjdi runjing. Bentuk benda padat dapat diubah jika benda padat itu mendapatkan perlakuantertentu, misalnya ditekan, didorng, atau dipotong.
B. SIFAT-SIFAT BENDA CAIR 
 Air merupakan contoh benda cair
Contoh zat cair antara lain, sirup, air kecap, minyak goreng. Sekarang kamu akanmempelajari berbagai sifat benda cair dengan lebih mendalam
1. Bentuk Benda Cair Tidak Tetap, Selalu Mengikuti Bentuk Wadahnya
Jika kamu memperhatikan ibu memasak kamu pasti mengetahui bahawa bentuk bendacair dapat berubah. Misalnya bentuk minyak goreng dalam botol berubah jikadituang ke penggorengan. Demikian pula jika air dituang ke gelas, bentuk air sperti bentuk gelas. Hal ini berarti bahwa bentuk benda cair tidak tetap karena selalu mengikuti bentuk wadahnya.
2. Bentuk Permukan Benda Cair Yang Tenang Selalu Datar
Pernahkah kamu menyaksikan ombak bergulung-gulung di pantai? Permukaan lauttampak bergelombang, tidak datar. Air laut bergelombang jika tertiup angin kencang.Bentuk permukaan benda cair yang tenang berbeda dengan benda cair yang bergelombang. Kamu mudah mengamati benda cair jika kamu mengamati dalam wadah yangtembus pandang. Terlihat bahwa walau wadahnya dimiringkan, permukaan benda cair yangtenang tetap datar. Bagaimanapun cara kamu memiringkannya, permukaan benda cair yangtenang selalu datar.
3. Benda Cair Mengalir ke Tempat Lebih Rendah
Perhatikan aliran air di sekitar rumahmu, misalnya di selokan, sungai atau di atap rumah.Air hujan yang jatuh di atas rumah mengalir melalui genteng dan talang. Dari situ air mengalir keselokan dan akhirnya ke kali atau sungai.Pernahkan kamu melihat air terjun? Air terjun mengalir deras dan jatuh melalui tebingyang curam. Air tejun memberikan pemandangan yang menajubkan.Makin kental benda cair, alirannya makin lambat. Pernahkah kamu menuangkan susukental manis? Susu kental manis merupakan benda cair yang kental. Aliran susu kental manislebih lambat daripada aliran air.
4. Benda Cair Menekan ke Segala Arah
Air mempunyai tekanan. Semakindalam, tekanan air dalam tempat itu semakin besar. Halin dapat dibuktikan denagn pancaran air. Pancaran air dari tempat lebih dalam tampak lebih jauh.Itulah sebabnya tembok bendungan dibuat makinke bawah makin tebal untuk menahantekanan air yang makin besar di bagian yang paling dalam.
5. Benda Cair Meresap Melalui Celah-Celah Kecil
Apa yang kamu lakukan jika minuman tumpah dimejatau di lantai? Kamu dapat melaptumpahan minuman itu dengan kertas tisu atau kain pel. Tumpahan minuman menjadi kering,sedangkan tisu dan kain pel menjadi basah. Benda cair dari meja telah pindah ke tisu dan kain pel. Benda cair itu meresap ke tisu dan kain pel.Apa yang terjadi ika kamu melap tumpahan benda cair itu dengan plastik? Tumpahan benda cair itu tidak dapat meresap ke lembaran plastik.Kertas,tisu dan kain pel memilkibnayak celah-celah kecil, sedangkan lembaran plastik tidak. Akibatnya tisu dan kain dapat diresapi benda cair, sedangkan lembaran plastik tidak. Akantetapi celah kecilitu tidak mudah untuk kamu amati tanpa alat bantu, seperti mikroskop.Berbagai peristiwa meresapnya benda cair melalui celah-celah kecil terjadi dalamkehidupan sehari-hari. Peristiwa itu disebut kapilaritas. Misalnya, minyak tanah meresap padasumbu kompor atau sumbu lampu templek.
C. SIFAT-SIFAT BENDA GAS
 Udara dalam balon merupakan contoh benda gas
Berbeda dengan benda padat dan cair, benda gas lebih sulit untuk diamati. Contoh bendagas adalah udara dan asap. Udara tidak dapat dilihat, tetapi dapat dirasakan. Akan tetapi asapdapat dilihat. Asap terlihat mengepul di tempat pembakaran sampah dan pemanggangan sate.Demikian pula, asap hitam keluar dari knalpot kendaraan bermotor.Benda gas yang selalu ada di sekitar kita adalah udara. Di semua temapat ada udara.Bahkan wadah yang terlihat kosong pun ternyata berisi udara. Uadar merupakan benda gas yang bening. Kamu dapat melihat udara padahal udara ada di sekitarmu.Gayung atau gelas kosong tidak dapat dibenamkan dengancara menelungkupkan kedalamair. Mengapa begitu? Sesungguhnya di dalam benda-benda itu terdapat udara. Air tidak mengisi seluruh ruang dalam benda karena udara menghalangi masuknya air.
1. Bentuk Benda Gas Tidak Tetap
Ketika kamu meniup balon, kamu memasukkan udara ke dalam balon.semakin kuat kamumeniup, semakin banyak udara yang kamu masukkan ke dalam balon. Akibat tiupan itu, balonmengembang. Udara mengisi seluruh ruang dalam balon. Hal ini berarti bentuk benda gas tidak tetap karena benda gas mengisi seluruh ruangan yang ditempatinya.
2. Benda Gas Menekan ke Segala Arah
Kamu tahu bahwa balon dan kantong plastik mengembang ke seluruh bagian jika ditiup.Hal ini menunjukkan bahwa udara menekan ke segala arah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar